80 Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2019

Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019 - Selamat berjumpa kembali sobat BukaGuru. Kali ini BukaGuru ingin berbagi informasi kepada adik-adik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs)

Kali ini BukaGuru ingin membagikan Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019. Soal ini bisa adik-adik pelajari disini, agar adik-adik sudah siap dalam menghadapi Ulangan UAS Tahun ini.

Untuk Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi akhir kurikulum 2013.

Soal UTS/PTS Kelas 8 Mapel Matematika

Untuk Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi Terbaru ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan UAS Tahun ini.

Latihan Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil

Berikut ini isi Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil Revisi Terbaru.

1. Batang korek api disusun dengan dengan susunan seperti pada gambar berikut.
Jika pola tersebut terus berlanjut, banyak batang korek api pada susunan ke-10 adalah ... batang.
A. 33
B. 36
C. 39
D. 42

2. Perhatikan pola bilangan berikut. (3, 6), (6, 15), (8, 21)
Pernyataan yang tepat untukmendapatkan bilangan kedua dari pasangan bilangan pertama pada pola tersebut adalah ....
A. Ditambah 3
B. Dikalikan 2
C. Dikalikan 2 kemudian ditambah 3
D. Dikalikan 3 kemudian dikurangi 3

Petunjuk : Untuk soal no. 3 - 16, pilihlah salah satu jawaban yang benar sesuai dengan pola barisan yang diberikan.

3. 10, 30, 50, 70, ..., ..., ...
A. 80, 90, 100
B. 90, 110, 130
C. 100, 200, 400
D. 110, 130, 150

4. 2, 3, 8, 11, 16, ..., ..., ...
A. 19, 24, 27
B. 18, 23, 26
C. 20, 25, 28
D. 19, 25, 28

5. 5, 4, 9, 8, 13, 12, 17, ..., ..., ...
A. 18, 23, 22
B. 17, 22, 21
C. 16, 21, 20
D. 15, 20, 19

6. 1, 3, 4, 7, 9, 13, 16, 21, ..., ...
A. 27, 31
B. 25, 31
C. 25, 30
D. 25, 29

7. 2, −6, 18, −32, 64, ..., ..., ...
A. −128, 254, −508
B. 128, −254, 508
C. −96, 128, −160
D. −254, 508, −1016

8. 90, 30, 10, ..., ..., ...
A. 10/3, 10/9, 10/27
B. 3, 2, 1
C. 7, 4, 1
D. 10/9, 10/27, 10/81

9. 4, −7, 10, −13, 16, ..., ..., ...
A. 19, −22, 25
B. −20, 25, −31
C. 20, −24, 28
D. −19, 22, −25

10. A, K, C, ..., E, O, G
A. D
B. L
C. N
D. M

11. 1, 3, 4, 7, ..., ..., 29
A. 11, 19
B. 11, 18
C. 10, 17
D. 10, 18

12. 1, 4, 9, 16, ..., ..., 49
A. 25, 36
B. 25, 30
C. 20, 36
D. 24, 34

13. 2, 4, 10, 11, 18, 18, 26, 25, ..., ..., ...
A. 32, 30, 40
B. 33, 31, 41
C. 34, 32, 42
D. 35, 33, 43

14. 1, 5, –1, 3, 7, 1, 5, 9, 3, 7, 11, 5, ..., ..., ...
A. 8, 12, 6
B. 9, 13, 7
C. 10, 14, 8
D. 11, 15, 9

15. 4, 10, ..., ..., 34, 44
A. 17, 26
B. 16, 22
C. 17, 25
D. 16, 25

16. 100, 92, ..., 79, ..., 70
A. 85, 73
B. 84, 74
C. 84, 71
D. 85, 74

17. Jika angka di belakang koma pada bilangan 7,1672416724167... dilanjutkan terus menerus, angka pada tempat kedudukan 1/1033 adalah ...
A. 1
B. 6
C. 7
D. 2

18. Angka satuan pada bilangan 2.0132.001 adalah ...
A. 3
B. 9
C. 7
D. 1

19. Jika n pada bilangan 1.248n adalah suatu bilangan bulat positif, nilai n agar angka satuannya 8 adalah ...
A. 2.013
B. 2.014
C. 2.015
D. 2.016

20. Jika n menyatakan banyak rusuk sisi alas suatu limas, maka banyak rusuk pada limas tersebut adalah ....
A. 3n
B. 2n
C. 3n + 1
D. 2n + 1

21. Diketahui titik A (3,1), B (3, 5), C (–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akanmembentuk
A. segitiga sama sisi
B. segitiga sama kaki
C. segitiga siku-siku
D. segitiga sembarang

22. Diketahui dalam koordinat Kartesius terdapat titik P, Q , dan R. Titik P(4,6) dan titik Q(7, 1). Jika titik P, Q , dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R adalah ....
A. (6, 5)
B. (4, 5)
C. 6, 1)
D. (4, 1)

Untuk pertanyaan nomor 23 – 30 perhatikan koordinat kartesius berikut ini

23. Koordinat titik A adalah ...
A. (5, 7)
B. (–5, 7)
C. (7, 5)
D. (7, –5)

24. Koordinat titik C adalah ....
A. (4, 4)
B. (–4, 4)
C. (4, –4)
D. (–4, –4)

25. Koordinat titik F adalah ....
A. (8, 6)
B. (8, –6)
C. (6, –8)
D. (–8, –6)

26. Koordinat titik H adalah ....
A. (6, 5)
B. (–6, 5)
C. (6, –5)
D. (–6, –5)

27. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu-X adalah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

28. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu-Y adalah ....
A. Titik B dan C
B. Titik E dan G
C. Titik B dan E
D. Titik E dan G

29. Titik-titik yang ada di kuadran II adalah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

30. Titik-titik yang ada di kuadran IV adalah ....
A. Titik A dan B
B. Titik C dan D
C. Titik E dan F
D. Titik G dan H

Untuk pertanyaan nomor 31 – 40, perhatikan koordinat Kartesius berikut.

31. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-X adalah ....
A. garism dan n
B. garism dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

32. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu-Y adalah ....
A. garism dan n
B. garism dan l
C. garis k dan m
D. garis k dan l

33. Garism dan garis n adalah adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

34. Garis n dan garis k adalah dua garis yang ....
A. Tegak lurus
B. berimpit
C. berpotongan
D. sejajar

35. Garis yang berada disebelah kanan sumbu-Y adalah ....
A. garism
B. garis n
C. garis k
D. garis l

36. Garis yang berada di bawah sumbu-X adalah ....
A. garism
B. garis n
C. garis k
D. garis l

37. Jarak garis m terhadap sumbu- Y adalah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

38. Jarak garis k terhadap sumbu- X adalah ....
A. 2 satuan
B. 3 satuan
C. 4 satuan
D. 5 satuan

39. Koordinat titik potong garism dan l adalah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

40. Koordinat titik potong garis n dan l adalah ....
A. (2, 3)
B. (–5, 3)
C. (–5, –6)
D. (2, –6)

41. Diketahui himpunan P = {1, 2, 3, 5} dan Q = {2, 3, 4, 6, 8, 10}.
Jika ditentukan himpunan pasangan berurutan {(1, 2), (2, 4), (3, 6), (5, 10)}, maka relasi dari himpunan P ke himpunan Q adalah ....
A. kurang dari
B. setengah dari
C. dua kali dari
D. kuadrat dari

42. Empat orang anak bernama Tohir, Erik, Taufiq, dan Zainul mempunyai kesukaanmasing-masing. Kesukaan Tohir belajar kelompok danmenulis cerpen, kesukaan Erik bermain komputer dan renang, kesukaan Taufiq menulis cerpen dan renang, dan kesukaan Zainul renang saja.

Anak yang mempunyai kesukaanmenulis cerpen, tetapi tidak suka belajar kelompok adalah ....
A. Tohir
B. Erik
C. Taufiq
D. Zainul

43. Diketahui himpunan pasangan berurutan:
(i) {(0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3)}
(ii) {(1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4)}
(iii) {(1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5)}
(iv) {(5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2)}
Himpunan pasangan berurutan yang merupakan pemetaan (fungsi ) adalah ....
A. (i) dan (ii)
B. (i) dan (iii)
C. (ii) dan (iii)
D. (iii) dan (iv)

44. Antara himpunan A = { a, b} dan himpunan B = {1, 2, 3} dapat dibentuk banyak pemetaan dengan ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 8 cara
D. 9 cara

45. Bila P = { a, b, c } dan Q = {1, 2, 3}, maka banyaknya korespondensi satusatu yang mungkin dari P ke Q adalah ....
A. 3 cara
B. 6 cara
C. 9 cara
D. 27 cara

46. Fungsi f : x → x + 1 dengan daerah asal {2, 4, 6, 8} memiliki daerah hasil....
A. {2, 4, 6, 8}
B. {3, 5, 7, 9}
C. {1, 3, 5, 7}
D. {2, 3, 4, 5}

47. Jika diketahui f(x) = 2 x + 5 dan f(x) = –3, maka nilai dari x adalah ....
A. –3
B. –4
C. –5
D. –6

48. Diketahui fungsi f : x → 2x – 1. Pernyataan di bawah ini yang salah adalah...
A. 3 → 4
B. f(–5) = –11
C. jika f(a) = 5, maka a = 3
D. bayangan 1 adalah 1

49. Diketahui G(x) = ax + b. Jika G(–2) = –4 dan G(–6) = 12, maka bentuk fungsi G adalah ....
A. G(x) = –4 x + 12
B. G(x) = –4 x – 12
C. G(x) = –2 x + 6
D. G(x) = –4 x – 6

50. Daerah asal fungsi yang didefinisikan dengan fungsi f dari x ke 2 x – 1 adalah {x | −2 x < x < 3; x ∈ B }. Daerah hasilnya adalah .....
A. {–3, –1, 1, 3}
B. {–2, –3, –1, 1, 3, 4}
C. {–2, –1, 0, 1, 3}
D. { –1, 0, 1, 2}

51. Jika A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 6, 8, 9, 10}, banyaknya pemetaan yang mungkin dari A ke B dan dari B ke A berturut-turut adalah ....
A. 225 dan 425
B. 525 dan 225
C. 525 dan 256
D. 625 dan 256

52. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika nilai dari fungsi itu untuk x = –3 adalah –15 dan nilai dari fungsi itu untuk x = 3 adalah 9, nilai dari f(−2) + f(2) adalah ....
A. –6
B. –4
C. 4
D. 6

53. Fungsi f ditentukan oleh f(x) = ax + b. Jika pasangan-pasangan berurutan (p, −3), (−3, q), (r, 2), (2, −2), dan (−2, 6) adalah anggota dari fungsi itu, nilai p, q, dan r adalah ....
A. p = 5, q = 6, dan r = 2
B. p = 3/2, q = 8, dan r = 2
C. p = 5/2, q = 8, dan r = 0
D. p = 3, q = 6, dan r = 3

54. Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1, dan f(1) = 5. Nilai m dan n berturut-turut ad alah…
A. –2 dan –3
B. 2 dan –3
C. –2 dan 3
D. 2 dan 3

55. Jika f(2 x + 1) = ( x – 12)( x + 13), maka nilai dari f(31) adalah ....
A. 46
B. 64
C. 66
D. 84

56. Misalkan f(x) adalah fungsi yang memenuhi
(a) untuk setiap bilangan real x dan y, maka f(x + y) = x + f(y) dan
(b) f(0) = 2 Nilai dari f(2.016) adalah ....
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018

57. FILENYA ADA DI DALAM FILE DOWNLOAD
A. –4.034
B. –4.032
C. –4.030
D. –4.028

58. Untuk setiap bilangan bulat x didefinisikan fungsi f dengan f(x) adalah banyaknya angka (digit) dari x. Contoh: f(216) = 3, dan f(2.016) = 4. Nilai f(22.016) + f(52.016) adalah ....
A. 2.015
B. 2.016
C. 2.017
D. 2.018

59. Perhatikan diagram berikut ini.
Pernyataan yang dapat kamu simpulkan dari diagram panah di atas adalah sebagai berikut.
(i) Setiap siswa tepat mempunyai nomor induk satu. Jadi, setiap anggota A hanya mempunyai tepat satu dengan anggota B.
(ii) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah beberapa dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.
(iii) Setiap siswa bisa mempunyai nomor induk lebih dari satu. Jadi, setiap anggota A bisa mempunyai lebih satu dengan anggota B.
(iv) Dengan demikian pengertian dari korespondesi satu-satu adalah setiap dari anggota himpunan A maupun dari anggota B hanya mempunyai satu kawan.

Pernyataan yang benar dari kesimpulan di atas adalah ….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan (iii)
C. (i) dan (iv)
D. (ii) dan (iv)

60. Jika X = {2, 3, 5, 7, 11} dan Y = { a, b, c, d, e}, banyaknya korespondensi satu-satu yang mungkin terjadi adalah ....
A. 24
B. 120
C. 540
D. 720

II. Esai
1. Tentukan dua suku yang hilang pada barisan bilangan berikut. 2, 5, ..., 12, ..., 31, 50

2. Bilangan-bilangan pada barisan 7, 11, 15, 19, 23, ... terus bertambah 4 pada setiap suku-sukunya. Sedangkan bilangan pada barisan 1, 10, 19, 28, 37, ... terus bertambah 9 pada setiap suku-sukunya. Bilangan 19 terdapat pada kedua pola tersebut. Jika kedua barisan bilangan tersebut dilanjutkan terus menerus, maka bilangan sama yang muncul berikutnya di kedua barisan adalah ....

3. Ketiga gambar berikut dibagimenjadi segitiga-segitiga kecil yang berukuran sama.
a. Gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 4 dengan pola yang sama. Lengkapi tabel di bawah ini.
b. Jika gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 7, tentukan banyak segitiga yang terbentuk.
c. Jika gambar tersebut dilanjutkan hingga gambar 50. Jelaskan cara kalian untuk menentukan banyak segitiga kecil yang terbentuk, tanpa menggambar danmencacah satu per satu gambar.

4. Jika pola pada gambar berikut dilanjutkan terus menerus, tentukan gambar yang terbentuk pada persegi bertanda X.

5. Jika angka di belakang koma pada bilangan 13,5689135689135... dilanjutkan terus menerus, tentukan angka pada tempat kedudukan 1/1040.

6. Tentukan angka satuan pada bilangan 2.0121.002 ...

7. Jika angka pada bilangan 100000100000100000100000 ... dilanjutkan terus menerus hingga angka ke-100 dengan pola yang terlihat, maka tentukan banyak angka “0” pada bilangan tersebut.

8. Jika n menyatakan banyak rusuk pada suatu prisma, tentukan banyak sisi pada prisma tersebut.

9. Tentukan banyak lingkaran pada pola ke-101 pada konfigurasi objek berikut.

10. Jika pasangan bilangan berikut ini dilanjutkan, tentukan pasangan bilangan 100.

11. Gambarlah titik A(1, −2), B(−3, 6), C(2, 8), dan D(−1, −5) pada koordinat Kartesius.
a. Tentukan titik-titik yang berada pada kuadran I, II, III, dan IV.
b. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- X.
c. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- Y.

12. Gambarlah titik A(−4, 2), B(−4, 9), C(2, 2), dan D(3, 9), pada koordinat Kartesius.
a. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- X.
b. Tentukan jarak setiap titik dengan sumbu- Y.
c. Tentukan jarak antara titik A dengan titik B.
d. Tentukan jarak antara titik C dengan titik D.

13. Jika garis k sejajar dengan garis m, dan keduanya tegak lurus terhadap sumbu-Y, apakah kedua garis tersebut memiliki jarak yang sama dengan sumbu-X? Jelaskan penyelesaianmu.

14. Gambarlah dua garis yang saling tegak lurus, tapi tidak sejajar dengan sumbu-X dan sumbu-Y. Kemudian hubungkan beberapa titik yang melalui kedua garis tersebut dan membentuk bangun datar. Ada berapa banyak bangun datar yang kalian temukan?

III. Esay!
1. Diketahui himpunan A = {1, 3, 4}, B = {2, 3, 4, 5} dan relasi dari A ke B menyatakan “kurang dari “. Nyatakan relasi tersebut dalam himpunan pasangan berurutan!

2. Jika A = {0, 2, 4, 6, 8, 10, 12} dan B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}, nyatakan relasi dari A ke B yang menyatakan hubungan “dua kali dari“ dalam himpunan pasangan berurutan!

3. PakMahir mempunyai tiga anak bernama Budi, Ani, dan Anton. Pak Ridwan mempunyai dua anak bernama Alex dan Rini. Pak Rudi mempunyai seorang anak bernama Suci.
a. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “ayah dari”.
b. Apakah relasi tersebut merupakan fungsi? Jelaskan.
c. Nyatakan dalam diagram panah, relasi “anak dari”.
d. Apakah relasi pada soal c merupakan fungsi? Jelaskan.

4. Diketahui suatu relasi dari himpunan P ke himpunan Q yang dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan {(–1, 2), (1, 4), (3, 6), (5, 8), (7, 10)}. Sebutkan anggota-anggota himpunan P dan Q.

5. Diketahui suatu relasi dari himpunan A ke himpunan B yang dinyatakan dengan himpunan pasangan berurutan {(–2, 4), (–1, –3), (2, 6), (7,10), (8, –5)}. Tulislah himpunan A dan B.
6. Fungsi f didefinisikan dengan rumus f(x) = 5 – 3x dan diketahui daerah asalnya adalah {–2, –1, 0, 1, 2, 3}.
a. Buatlah tabel dan himpunan pasangan berurutan dari fungsi tersebut.
b. Gambarlah grafiknya.

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab. selengkapnya silahkan download pada link di bawah ini. agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Download Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019
20+ Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester 1 Revisi 2019

Itulah informasi yang bisa BukaGuru sampaikan untuk adik-adik mengenai Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil Revisi. Selamat belajar dan salam sukses ya. Terima Kasih.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Bukaguru.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

0 Response to "80 Contoh Soal UTS/PTS Matematika Kelas 8 Semester Ganjil Tahun 2019"

Post a Comment