40 Contoh Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Tahun 2019

Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013 Tahun 2019/2020 - Selamat berjumpa kembali sobat BukaGuru. Kali ini BukaGuru ingin berbagi informasi kepada adik-adik yang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA/MA)

Kali ini BukaGuru ingin membagikan Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013. Soal ini bisa adik-adik pelajari disini, agar adik-adik sudah siap dalam menghadapi Ulangan PAS Tahun ini.

Untuk Contoh Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013 yang kami bagikan ini sudah dalam unsur HOTS, PPK, Literasi dan 4C dari revisi akhir kurikulum 2013.

Soal PAS Kelas 10 Mapel Sosiologi

Latihan Soal PAS Sosiologi Kelas 10 Kurikulum 2013

Berikut ini isi Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013.

1. Sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Kata logos berasal dari bahasa ….
A. Yunani
B. Spanyol
C. Prancis
D. Latin
E. Romawi

2. Beberapa ciri-ciri sosiologi!
(1) Hasil pengamatan terhadap realitas sosial yang tidak asal-asalan.
(2) Hasil pengamatan disusun dalam bentuk abstraksi.
(3) Realitas sosial bisa diprediksi atau diperkirakan.
(4) Realitas sosial dianalisa tanpa mempersoalkan baik buruknya fakta.
(5) Teori sosiologi berdiri sendiri tanpa mengaitkan dengan teori sebelumnya.

Pernyataan tersebut, yang merupakan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

3. Seorang peneliti menyusun abstraksi dari hasil penelitian dan wawancara yang telah dilakukan di wilayah industri. Ia berusaha menjelaskan dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan warga sekitar. Hal ini berarti sosiologi memiliki ciri ....
A. Kumulatif
B. Nonetis
C. Teoretis
D. Kategoris
E. Abstrak

4. Perhatikan pernyataan di bawah ini!
(1) Mendeskripsikan fakta sosial dengan menggunakan spekulasi.
(2) Mendeskripsikan fakta sosial berdasarkan hasil observasi penalaran.
(3) Membicarakan baik atau buruknya suatu tindakan sosial.
(4) Berusaha menunjukkan hubungan pernyataan secara logis.
(5) Dibangun atas dasar teori yang sudah ada.

Karakteristik sosiologi sebagai ilmu ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1), (2), dan (5)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (5)
E. (2), (4), dan (5)

5. Setelah gempa melanda kota A dan sekitarnya, pemerintah merencanakan pembangunan untuk memperbaiki infrastruktur ke daerah yang terkena gempa. Selain upaya memperbaiki infrastruktur, pemerintah mengundang seorang ahli sosiologi untuk memberikan data mengenai permasalahan sosial yang timbul akibat gempa. Data tersebut akan digunakan sebagai acuan untuk memprioritaskan pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan lebih dulu. Fungsi sosiologi pada pembangunan daerah A dan sekitarnya sebagai bahan ....
A. Perencanaan dan pembangunan sosial
B. Analisis dampak pembangunan
C. Pemanfaatan hasil pembangunan
D. Pembuatan keputusan
E. Solusi masalah sosial

6. Kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, tidak menyurutkan niat Ahmad untuk belajar lebih rajin dan giat. Berkat bantuan wali kelas di sekolahnya yang setiap hari tanpa rasa lelah memotivasinya, sehingga ia menjadi rajin belajar baik di sekolah maupun di rumahnya. Keadaan ini membentuk pribadi Adi tidak mudah menyerah. Media sosialisasi yang berperan sesuai contoh tersebut adalah ....
A. Sekolah dan guru
B. Lingkungan dan guru
C. Lingkungan tempat tinggal dan keluarga
D. Lingkungan budaya dan sekolah
E. Teman sebaya dan sekolah

7. Perhatikan hal-hal berikut!
(1) Meniru cara makan, berbicara, berjalan, berpakaian
(2) Mulai belajar mengambil peranan orang-orang di sekitarnya
(3) Mempelajari peranan tokoh masyarakat setempat
(4) Mampu meniru tingkah laku orang lain yang dikagumi

Dari contoh sosialisasi di atas yang termasuk sosialisasi primer adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

8. Konsepsi (pemikiran) abstrak dalam diri manusia mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk merupakan pengertian dari...
A. Masalah sosial
B. Moral
C. Nilai sosial
D. Tindakan
E. Hubungan

9. Setiap bertemu dengan siswa yang makan di depan kelas, ustadz Rudi selalu mengangguk dan mengucap permisi dengan tersenyum. Perilaku ustadz Rudi tersebut karena mengedepankan nilai ....
A. Vital
B. Material
C. Estetika
D. Etika
E. Logika

10. Norma yang mengatur tentang perilaku-perilaku sosial yang bersifat rutinitas dalam kehidupan bermasyarakat, merupakan pengertian norma ....
A. Hukum
B. Agama
C. Kesopanan
D. Kesusilaan
E. Kebiasaan

11. Norma tidak resmi ditunjukkan oleh hal-hal berikut, kecuali ....
A. Makan tanpa berbicara
B. Menundukkan kepala ketika bertemu dengan orang yang lebih tua
C. Mengembalikan buku milik teman secepatnya
D. Memakai seragam sekolah dengan rapi dan tertib
E. Melihat sisi kanan dan kiri sebelum menyebrang jalan

12. Pada saat mengendarai kendaraan bermotor seorang remaja tidak mengenakan helm, jaket, sepatu, dan tidak memiliki SIM karena belum cukup umur. Tindakan remaja tersebut telah melanggar norma ....
A. Sosial
B. Hukum
C. Kelayakan
D. Kesopanan
E. Kebiasaan

13. Aldi dibesarkan dalam lingkungan pesantren. Namun, akibat pergaulan di luar pesantren dengan kelompok yang telah lama menggunakan obat-obatan terlarang menyebabkan Aldi sering meninggalkan ibadah dan ngajinya serta terlibat penggunaan obat-obatan terlarang. Dari kasus tersebut, yang menjadi penyebab terjadinya perilaku menyimpang adalah ....
A. Kondisi ekonomi keluarga
B. Sosialisasi subkebudayaan menyimpang
C. Pemahaman nilai-nilai yang disalah gunakan
D. Adanya keinginan menemukan jati diri yang asli
E. Tidak taat beribadah

14. Supaya tidak terjadi penyimpangan lebih lanjut, seorang guru pengawas menegur siswa yang menyontek ketika mengerjakan soal ujian. Berdasarkan bobot sanksinya, perilaku yang dilakukan siswa tersebut tergolong penyimpangan ....
A. Primer
B. Sekunder
C. Negatif
D. Individu
E. Campuran

15. Perhatikan beberapa perilaku menyimpang berikut!
(1) Melakukan perampokan dan pembunuhan.
(2) Mengambil uang milik teman satu kelas.
(3) Tidak mau ikut bekerja bakti
(4) Siswa yang terlambat datang ke sekolah

Berikut yang termasuk perilaku menyimpang primer berdasarkan sanksinya di tunjukkan pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan (4)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

16. Masyarakat adalah sekelompok manusia yang tinggal bersama dalam jangka waktu yang relatif lama dan membentuk kebudayaan. Bentuk masyarakat sangat beragam, baik banyak atau sedikit. Unit satuan masyarakat terkecil yang tampak dalam kehidupan masyarakat adalah ....
A. Keluarga
B. Sekolah
C. Perkumpulan
D. Individu
E. Komunitas

17. Berikut ini yang tidak termasuk karakteristik kelompok sosial adalah….
A. Antaranggota memiliki kesadaran kelompok
B. Ada hubungan timbal balik antaranggotanya
C. Ada faktor-faktor yang dimiliki bersama
D. Memiliki struktur, aturan, dan pola perilaku
E. Merupakan suatu keturunan yang sama

18. Yang tidak termasuk kelompok sosial atas dasar genealogis adalah…
A. Kelima anak Bu Ruly sangat menyayangi Pak Umar karena Pak Umar pamannya.
B. Para warga Pulo Gadung sedang antri mandi di MCK umum karena wilayahnya kekeringan.
C. Pak Damar Siregar mempunyai dua anak dinamai Melani Siregar dan Andy Siregar.
D. Keluarga Bu Marwah sangat senang berkumpul dengan keluarga Bu Anis karena Neneknya bersaudara kandung.
E. Rina sangat mempercayai Arman karena ia kakak sepupunya.

19. Perhatikan ciri kelompok sosial berikut!
(1) Adanya kepentingan bersama.
(2) Tingkat kekeluargaannya tinggi.
(3) Hubungannya bersifat personal.
(4) Berdasarkan pemikiran rasional.

Yang termasuk ciri-ciri paguyuban adalah….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
E. (3) dan (4)

20. Siswanto bergabung dalam keanggotaan fans club Real Madrid. Setiap hari, bahkan setiap saat ia selalu mendapatkan informasi mengenai agenda acara dan kegiatan dari klub kesayangannya tersebut. Kelompok sosial yang tepat berdasarkan ilustrasi di tersebut adalah ....
A. Reference group
B. Membership group
C. Gemeinschaft
D. Gesselschaft
E. Public

21. Salah satu stasiun televisi membuat acara kuis interaktif untuk dapat menarik pemirsa televisi melalui hadiah-hadiah yang disajikan. Setiap tiga jam sekali kuis tersebut ditayangkan dengan mengusung pengetahuan umum. Masyarakat yang menyukai kuis tersebut selalu setia menunggu di depan televisi untuk ikut andil dalam acara. Kelompok sosial yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....
A. Massa
B. Kerumunan
C. Batih
D. Klan
E. Publik

22. Fian adalah mahasiswa broadcasting yang magang di televisi swasta. Di sana ia melihat cara bekerja para karyawannya sangat efektif dan efisien. Setiap orang bertanggung jawab pada tugasnya masing-masing. Ada yang bertugas sebagai creative, produser, kameramen, dan melakukan kontrol acara melalui control room. Melihat situasi tersebut, Fian menyimpulkan bahwa ikatan yang terjadi pada lembaga tersebut merupakan ikatan ....
A. In group
B. Solidaritas organik
C. Out group
D. Solidaritas mekanik
E. Gesselschaft

23. Berikut ini jenis kelompok sosial yang sifatnya sementara berupa spectator causal crows, yaitu ...
A. Orang-orang dalam satu lingkungan RT yang sedang kerja bakti.
B. Orang-orang berdemonstrasi menuntut upah dinaikkan.
C. Orang-orang berkerumun melihat kecelakaan lalu lintas.
D. Anggota OSIS mengadakan lomba.
E. Para nasabah bank sedang antri.

24. Perhatikan beberapa contoh berikut!
(1) Antri menggunakan kamar mandi.
(2) Jama’ah pengajian mendengarkan ceramah di masjid.
(3) Perkumpulan para fans timnas indonesia U-19 di facebook.
(4) Masyarakat mengungsi karena banjir.
(5) Buruh pabrik melakukan aksi demonstrasi.

Bentuk kerumunan ditunjukkan oleh nomor ….
A. (1), (2), dan (4)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (3), (4), dan (5)

25. Seorang siswa SMA Al-Hikmah menyumbangkan seluruh uang tabungan hasil sisa uang jajannya kepada korban konflik Rohingnya yang ada di Myanmar. Tindakan siswa dalam interaksi sosial tersebut dipengaruhi oleh faktor ....
A. Imitasi
B. Identifikasi
C. Motivasi
D. Empati
E. Sugesti

26. Seorang anak sangat mengagumi ayahnya yang kesehariannya menjadi guru yang inspiratif bagi murid-muridnya yang memiliki sikap sopan dan penyabar baik terhadap guru maupun muridnya. Ia berharap kelak bisa mencontoh sikap ayahnya yang sopan dan penyabar. Dari contoh tersebut, faktor yang memengaruhi interaksi sosial adalah ....
A. Empati
B. Sugesti
C. Simpati
D. Imitasi
E. Identifikasi

27. Amir ingin meraih juara dalam kompetisi lomba lari di Sekolahnya. Oleh karena itu, ia meminta bimbingan khusus kepada guru olahraganya tentang teknik dan strategi yang belum dipahami. Faktor yang memengaruhi interaksi sosial antara siswa dan gurunya adalah ....
A. Identifikasi
B. Motivasi
C. Simpati
D. Sugesti
E. Smitasi

28. Lia melihat iklan sabun muka di salah satu stasiun televisi. Di dalam iklan tersebut seolah-olah kulit wajahnya yang tadinya kusam, setelah memakai sabun tersebut mukanya menjadi putih dan cerah. Setelah melihat tayangan tersebut ia segera membeli dan mencoba sabun tersebut. Tindakan Lia dipengaruhi oleh faktor ....
A. Sugesti
B. Imitasi
C. Motivasi
D. Simpati
E. Identifikasi

29. Para siswa kelas XII IPS setelah lulus SMA memilih program studi di perguruan tinggi ternama di kota mereka. Dalam upaya memperoleh studi lanjutan tersebut, mereka belajar dengan keras agar bisa lulus tes seleksi, tidak ada upaya saling menghalangi atau menjatuhkan satu terhadap lainnya. Bentuk interaksi sosial di antara mereka dalam contoh tersebut adalah ....
A. Kerja sama
B. Akomodasi
C. Kompetisi
D. Kontravensi
E. Pertikaian

30. Suatu kehidupan di mana pihak-pihak yang berhubungan dalam tingkat sejajar saling ketergantungan, koordinasi, dan kerja sama disebut ....
A. Konstruktif
B. Disosiatif
C. Asosiatif
D. Integratif
E. Konsultatif

31. Yang membedakan akomodasi dengan kerja sama sebagai proses sosial adalah ....
A. Akomodasi adalah konflik, kerja sama adalah kompetisi
B. Akomodasi adalah peredaan konflik, kerja sama adalah kegiatan bersama
C. Akomodasi adalah penyebab konflik, kerja sama adalah upaya perdamaian
D. Akomodasi adalah perdamaian, kerja sama adalah peredaan konflik
E. Akomodasi adalah kegiatan bersama, kerja sama adalah peredaan konflik

32. Para siswa yang belajar giat untuk menduduki rangking satu di kelasnya, termasuk interaksi dalam bentuk ....
A. Asosiasi
B. Kompetisi
C. Konflik
D. Koordinasi
E. Kontroversi

33. Berikut ini merupakan contoh kontravensi adalah ....
A. Pertikaian antarwarga di perumahan Griya Santa
B. Teror yang dilakukan oleh sekelompok provokator
C. Persaingan perebutan kejuaraan HSG di SMA Al Hikmah
D. Perdebatan antarwarga untuk mempertahankan prinsip
E. Perasaan takut menghadapi lawan yang tangguh

34. Proses penyesuaian sosial dalam interaksi antarindividu dan antarkelompok untuk meredakan pertentangan dinamakan ....
A. Akomodasi
B. Kerja sama
C. Kooptasi
D. Akulturasi
E. Asosiasi

35. Suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif, tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik disebut ....
A. Pertentangan
B. Pertikaian
C. Persaiangan
D. Kontravensi
E. Kompromi

36. Interaksi sosial dapat menimbulkan proses asosiatif dan disosiatif. Kondisi berikut ini yang menunjukkan terjadinya proses sosial asosiatif adalah ...
A. Pelaksanaan turnamen sepak bola antarkecamatan di kabupaten Gresik.
B. Pak RT menjadi penengah warga masyarakat yang sedang bersengketa.
C. Para siswa berlomba untuk memperoleh hasil UAS yang maksimal.
D. Seorang penculik mengancam akan menjual anak yang diculiknya apabila uang tebusan tidak dikirimkan.
E. Aksi demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa berakhir dengan kekerasan.

37. Salah satu manfaat hasil persaingan pada umumnya adalah ....
A. Mengembangkan kepribadian seseorang melalui adu kekuatan
B. Meningkatkan prestasi seseorang dalam berbagai bidang kehidupan
C. Meningkatkan solidaritas diantara kelompok masing-masing
D. Menumbuhkan semangat diri sendiri terutama dalam kelompoknya
E. Memberikan pengertian antara kelompok yang bersangkutan

38. Kegiatan tawar menawar suatu barang antara penjual dan pembeli merupakan bentuk kerjasama ....
A. Bargaining (pertukaran)
B. Cooptation (pemilihan)
C. Coalition (kombinasi)
D. Joint-venture (patungan)
E. Competition (persaingan)

39. Randi dan Rudi adalah sepasang saudara kembar yang dikenal sangat kompak sama teman-temannya. Karena begitu kompaknya hingga sampai dalam membuat usaha ternak ikan lele mereka berdua tetap kompak baik dalam segi modal, perawatan, dan pemasarannya. Berkat kerja sama dan kekompakan mereka berdua setiap kali panen mereka bisa menghasilkan keuntungan puluhan juta rupiah merupakan bentuk kerjasama ....
A. Bargaining (pertukaran)
B. Cooptation (pemilihan)
C. Coalition (kombinasi)
D. Joint-venture (patungan)
E. Competition (persaingan)

40. Perhatikan pernyataan dibawah ini !
(1) Adanya konflik antar anggota.
(2) Adanya kerjasama yang baik antar anggota.
(3) Adanya persaingan antar kelompok.
(4) Akomodasi yang baik.
(5) Adanya kontravensi antar anggota.

Dari pernyataan di atas yang termasuk proses sosial yang bersifat disosiatif adalah ....
A. (1), (2) dan (3)
B. (1), (3) dan (4)
C. (1), (3) dan (5)
D. (2), (3) dan (4)
E. (3), (4) dan (5)

Ingat Soal ini hanya untuk latihan saja, Ada atau tidaknya dalam ujian yang sebenarnya, kami tidak bisa bertanggung jawab. selengkapnya silahkan download pada link di bawah ini. agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Link Download Soal PAS Sosiologi Kelas 10 Semester 1 Tahun 2019

Untuk Contoh Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013 ini bisa anda gunaka sebagai referensi dalam belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ulangan PAS Tahun ini.

Itulah informasi yang bisa BukaGuru sampaikan untuk adik-adik mengenai Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Kurikulum 2013. Selamat belajar dan salam sukses ya. Terima Kasih.

BERLANGGANAN GRATIS!
Silahkan masukan e-mail anda untuk mendapatkan kiriman artikel terbaru dari Bukaguru.blogspot.com gratis langsung ke e-mail anda

0 Response to "40 Contoh Soal PAS 1 Kelas 10 SMA/MA Mapel Sosiologi Tahun 2019"

Post a Comment